RSS

M. Ichsanudin Sosialisasikan Undang-undang Perkawinan di Desa Teluk Empening

16 Mar
Teluk Empening,(26/2/2011). Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat di wilayah Kecamatan Terentang pada umumnya dan desa Teluk Empening pada khususnya, Kepala KUA Kec. Terentang laksanakan sosialisasi Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 di desa Teluk Empening Terentang.
Kegiatan ini terselenggara atas prakarsa Kepala Desa melalui Ketua PKK desa Teluk Empening ( ibu Subiyanti ) yang juga istri dari Bapak Kepala Desa Teluk Empening tersebut. Selain aktif mengurus PKK, ibu Subiyanti juga aktif mengkordinir Majlis Ta’lim di lingkungan desa Teluk Empening serta menjadi pengurus BKMT ( Badan Kontak Majlis Ta’lim ) Kecamatan Terentang.
Diawal pembicaraannya, M. Ichsanudin selaku Kepala KUA Kec. Terentang menjelaskan tentang urgensi pencatatan nikah serta alasannya. Beliau mengatakan bahwa Pencatatan Pernikahan merupakan pondasi awal tertib Administrasi NR sebagai amanat dari UU No. 1 Th 1974 Tentang Perkawinan. Selain itu, setiap orang Islam yang menikah disaksikan oleh pejabat berwenang dan pencatatan menjadi penting untuk mendapatkan kepastian hukum. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa dalam UU No. 1 Th 1974 Tentang Perkawinan pada Pasal 2 ayat 2 disebutkan bahwa ; “Tiap – tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang – undangan yang berlaku”. Bahkan, kata beliau; Saat ini syarat anak kita masuk sekolah harus ada AKTA kelahiran. Untuk membuat AKTA kelahiran harus ada BUKU NIKAH. Kalau tidak ada buku nikah, maka penyebutan Orang Tua hanya dinasabkan pada ibu / bin ibunya, bukan bapaknya.
Selain menjelaskan tentang urgensi pencatatn nikah tersebut, kepala KUA juga menjelaskan persyaratan administrasi sebagai kelengkapan untuk melangsungkan pernikahan. Beliau menjelaskan bahwa bagi masyarakat yang ingin menikah diharuskan menghadap ke Pemerintah Desa setempat untuk mendapatkan N1,N2 dan N4. Sebagai tambahan kelengkpan lain, bagi calon pengantin juga dianjurkan untuk melengkapi antara lain ;
  1. Foto copy KTP 1 lembar
  2. Foto copy ijazah 1 lembar
  3. Foto copy kartu keluarga 1 lembar
  4. Foto copy akta kelahiran 1 lembar
  5. Pas fotto 2 x 3 sebanyak 4 lembar
  6. Surat keterangan imunisasi dari puskesmas/pustu terdekat bagi calon istri
  7. Surat dispensasi dari kantor camat Terentang bagi calon pengantin yang mendaftar kurang dari 10 hari sebelum akad nikah
  8. Akta cerai dari Pengadilan Agama bagi calon pengantin yang berstatus duda/janda cerai hidup
  9. Surat ketarangan kematian ( N6 ) bagi calon pengantin yang berstatus duda/janda cerai mati
  10. Surat rekomendasi dari KUA Kecamatan asal calon pengantin ( wajib bagi calon istri dan dianjurkan bagi calon suami )
  11. Surat izin Angkatan bagi calon pengantin yang berstatus TNI/Polri
Setelah catin melengkapi persyaratan di atas, Calon Pengantin/ Wali Nikah membawa surat-surat tersebut ke Kantor Urusan Agama ( KUA ) Kecamatan Terentang Jalan Pelangi No. 14 Desa Terentang Hilir. Persyaratan tersebut harus diserahkan 10 hari kerja sebelum akad nikah dilaksanakan untuk diteliti oleh Kepala KUA. Calon Pengantin dan Wali nikah akan diperiksa dan menandatangani Persetujuan Nikah (Model N3) , Pemeriksaan Nikah (Model NB) serta Penasihatan Nikah/ suscatin.
Sebelum mengakhiri pembicaraannya, Kepala KUA memberikan kepada seluruh jama’ah peserta sosialisasi kesempatan untuk bertanya. Kesempatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bertanya tentang bebapa hal yang berkaitan dengan pernikahan bahkan yang berkaitan masalah keagamaan yang lain. Kita semua berharap agar kegiatan yang positif ini bisa berlanjut dalam rangka meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang urgensi pencatatan nikah juga pemahaman keagamaan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 16, 2011 in KEGIATAN

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: