RSS

Kepala KUA Terentang Laksanakan Pembinaan Mental Spiritual di Teluk EMpening

06 Mei

Teluk Empening, (6/5). M. Ichsanudin selaku Kepala KUA Kecamatan Terentang mewakili Kantor Kementerian Agama Kab. Kubu Raya melaksanakan program pembangunan mental spiritual sebagai salah satu agenda program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Kab. Kubu Raya di desa Teluk Empening Kec. Terentang. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Miftahul Iman Dusun Tanjung Harapan pada tanggal 2 Mei 2011 sekaligus bersamaan kegiatan BKMT ( Badan Kontak Majlis Ta’lim) desa Teluk Empening. Kedua kegiatan ini dikordinir oleh Ibu Subiyanti (Istri Bapak Kepala Desa Teluk Empening) sekaligus sebagai Ketua PKK desa Teluk Empening.
Dalam kesempatan itu, Kepala KUA Terentang menyampaikan materi engan judul Tawazun (Keseimbangan). Tawazun artinya seimbang. Allah telah mengisyaratkan agar kita hidup seimbang, sebagaimana Allah telah menjadikan alam beserta isinya berada dalam sebuah keseimbangan.
Sesuai dengan fitrah Allah,manusia memiliki tiga potensi, yaitu al-jasad (jasmani), al-aql (akal), dan ar-ruh (ruhani). Islam menghendaki ketiga dimensi tersebut berada dalam keadaan tawazun (seimbang). Perintah untuk menegakkan neraca keseimbangan ini dapat dilihat pada QS.55:7-9.
Selanjutnya Ichsan mengatakan bahwa ketiga potensi ini membutuhkan makanannya masing-masing, yaitu sbb :1.Jasmani
Jasmani atau fisik adalah amanah dari Allah swt,karena itu harus kita jaga . Dalam sebuah hadits dikatakan ,”Mu’min yang kuat itu lebih baik atau disukai Allah daripada mu’min yang lemah.”(HR.Muslim), maka jasmani pun harus dipenuhi kebutuhannya agar menjadi kuat. Kebutuhannya adalah makanan, yaitu makanan yang halalan thoyyiban (halal dan baik) (QS.80:24,2:168), beristirahat (QS.78:9), kebutuhan biologis (QS.30:20-21) dan hal-hal lain yang menjadikan jasmani kuat.
2.Akal
Yang membedakan manusia dengan hewan adalah akal. Akal pulalah yang menjadikan manusia lebih mulia dari makhluk-makhluk lainnya. Dengan akal manusia mampu mengenali hakikat sesuatu, mencegahnya dari kejahatan dan perbuatan jelek. Membantunya dalam memanfaatkan kekayaan alam yang oleh Allah diperuntukkan baginya supaya manusia dapat melaksanakan tugasnya sebagai khalifatullah fil-ardhi (wakil Allah di atas bumi) (QS.2:30;33:72). Kebutuhan akal adalah ilmu (QS.3:190) untuk pemenuhan sarana kehidupannya.
3.Ruh(hati)
Kebutuhannya adalah dzikrullah (QS.13:28;62:9-10). Pemenuhan kebutuhan ruhani sangat penting, agar ruh/jiwa tetap memiliki semangat hidup, tanpa pemenuhan kebutuhan tersebut jiwa akan mati dan tidak sanggup mengemban amanah besar yang dilimpahkan kepadanya.
Diakhir penyampaiannya, Ichsan menekankan bahwa dengan keseimbangan, manusia dapat meraih kebahagiaan hakiki yang merupakan ni’mat Allah, karena pelaksanaan syariah sesuai dengan fitrahnya. Untuk skala ketawazunan akan menempatkan umat Islam menjadi umat pertengahan / ummatan wasathon (QS.2:143), yaitu umat yang seimbang.
Kebahagiaan pada diri manusia itu dapat berupa:
·  Kebahagiaan bathin/jiwa, dalam bentuk ketenangan jiwa (QS.13:28)
· dzahir/gerak, dalam bentuk kesetabilan, ketenangan ibadah, bekerja dan aktivitas lainnya.
Dengan menyeimbangkan dirinya, maka manusia tersebut tergolong sebagai hamba yang pandai mensyukuri ni’mat Allah. Hamba/manusia seperti inilah yang disebut manusia seutuhnya.
Usai menjelaskan materi tersebut, M. Ichsanudin selaku Kepala KUA Kec. Terentang memberikan kesempatan kepada jama’ah untuk bertanya. Dalam dialog interaktif ini jam’ah bertanya tentang beberapa hal yang berkaitan dengan materi dan juga hal-hal lain.
Selanjutnya, Ibu Subiyanti selaku ketua PKK dan BKMT desa Teluk Empening menyampaikan rencana kegiatan Sosialisasi Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2011 ini. Beliau mengharapkan kehadiran ibu-ibu Majlis Ta’lim dan juga bapak-bapaknya dalam kegiatan tersebut.Harry Potter and the Deathly Hallows, Part 1
Posting oleh KUA TERENTANG
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 6, 2011 in P2WKSS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: