RSS

M. Ichsanudin, Kepala KUA Terentang Laksanakan Sosialisasi UU Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawianan Di Desa Teluk Empening

26 Mei
Teluk Empening (25/5) —- M. Ichsanudin,S.HI selaku Kepala KUA Kec. Terentang atas nama Kantor Kementerian Agama Kab. Kubu Raya pada hari ini melaksanakan program Sosialisasi Undang-Undang perkawianan nomor 1 tahun 1974.

Sosialisasi UU Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawianan ini merupakan salah satu agenda program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Kab. Kubu Raya di desa Teluk Empening Kec. Terentang. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Nurul Hidayah Teluk Empening sekaligus bersamaan kegiatan BKMT ( Badan Kontak Majlis Ta’lim) desa Teluk Empening.

Sebelum penyampain materi tentang undang-undang perkawinan ini, acara diawali dengan sambutan bapak Kepala Desa Teluk Empening, yang mana dalam kesempatan ini diwakili oleh Bapak Badrun selaku Sekretaris Desa Teluk Empening. Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala KUA Kec. Terentang yang telah bersedia menyampaikan materi tentang undang-undang perkawinan ini. Beliau menjelaskan bahwa desa Teluk Empening itu terdiri dari 3 dusun yang terbagi dalam 7 RT. Beliau mengharapkan agar dengan pelaksanaan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Undang-Undang perkawinan.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Subiyanti selaku Ketua PKK dan Pengurus BKMT desa Teluk Empening. Dalam sambutannya beliau memberikan semangat dan motivasi kepada para hadirin untuk tetap semangat dalam mengikuti sosialisasi ini. Sosialisasi Undang-undang perkawinan ini bukan hanya bagi yang belum nikah, akan tetapi juga bagi kita yang sudah menikah untuk diketahui dan disampaikan kepada keluarga kita yang akan melangsungkan pernikahan, jelas beliau. Beliau juga mengatakan bahwa informasi tentang undang-undang perkawinan ini kalo hanya mendengar dari kata orang bisa kurang maksimal, akan tetapi jika mengikuti langsung kegiatan sisialisasi seperti ini akan menambah pemahaman yang lebih maksimal. Di akhir sambutannya, Ibu Subiyanti menjelaskan bahwa program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Kab. Kubu Raya di desa Teluk Empening ini akan berakhir pada bulan Oktober 2011 ini, dan Sosialisasi Undang-Undang perkawianan nomor 1 tahun 1974 ini adalah merupakan salah satu agenda P2WKSS tersebut, maka dari itu, beliau mengharapkan keseriusan ibu-ibu dan bapak-bak yang hadir di masjid ini serta menyampaikan hasil sosialisasi ini kepada yang berhalangan hadir dalam kegiatan ini.

Usai sambutan-sambutan di atas, acara dilanjutkan dengan agenda inti yaitu sosialisasi Undang-Undang perkawianan nomor 1 tahun 1974 yang disampaikan langsung oleh Bapak M. Ichsanudin,S.HI selaku Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Terentang.

Beliau mengawali penyampaiannya dengan mengungkap sejarah kelahiran Undang-undang perkawinan ini. Beliau mengatakan bahwa keinginan umat Islam Indonesia memiliki undang-undang yang secara khusus mengatur masalah perkawinan merupakan sesuatu yang realistis. Disamping populasinya yang sangat besar, Islam juga memiliki konsep hukum perkawinan yang sangat jelas dan rinci yang pelaksanaannya memerlukan legalitas formal pemerintah berupa Undang-undang. Hukum perkawinan tertulis tersebut baru terwujud pada awal tahun 1974, dengan terbitnya UU No. 1/1974 tentang Perkawinan yang disetujui oleh DPR setelah melalui perjuangan panjang yang tidak mengenal lelah, jelas beliau.

Ichsan mengatakan bahwa UU No. 1 Tahun 1974, merupakan era baru bagi kepentingan umat Islam khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya, serta merupakan kodifikasi dan unifikasi hukum perkawinan, yang bersifat nasional, yang menempatkan hukum Islam memiliki eksistensinya sendiri, tanpa harus diresipiir oleh Hukum Adat.

UU No. 1 tahun 1974, mulai berlaku pelaksanaannya dengan dikeluarkannya PP No.9 tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 Tentang Perkawinan, ditetapkan tanggal 1 April 1975 dan berlaku mulai tanggal 1 oktober 1975, jelas beliau.

Beliau juga menjelaskan bahwa meskipun UU No. 1/1974 memasuki usia 37 tahun, harus diakui terdapat hal-hal yang memerlukan perhatian di masa yang akan datang, seperti : nikah sirri, poligami liar, nikah beda agama, nikah di bawah umur. Petugas KUA mempunyai peran yang penting untuk menjamin efektifitas pelaksanaan UU N0. 1Tahun 1974.

Pada kesempatan itu belaiu juga menjelaskan bahwa di antara prinsip- prinsip UU N0. 1 tahun 1974 adalah menjelaskan bahwa tujuan perkawinan adalah membentuk keluarga yang bahagia dan kekal. bahwa suatu perkawinan adalah sah bilamana dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu; dan tiap-tiap perkawinan harus dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, prinsip dalam undang-undang ini menganut asas monogami. Hanya apabila dikehendaki oleh yang bersangkutan, karena hukum dan agama yang bersangkutan mengizinkannya, seorang suami dapat beristri lebih dari seorang. Prinsip selanjutnya adalah bahwa calon suami istri itu harus telah masak jiwa raganya. Dan batas umur kawin baik pria maupun wanita ialah berumur 21 tahun. Bagi yang belum berumur 21 tahun harus ada izin dari orang tuanya dan sudah berumur 19 tahun bagi pria dan 16 tahun bagi wanita.

Yang tidak kalah pentingnya, beliau mengatakan bahwa prinsip dalam undang-undang ini adalah mempersukar terjadinya perceraian . selain itu, Hak dan kedudukan istri adalah seimbang dengan hak-hak dan kedudukan suami baik dalam kehidupan rumah tangga maupun dalam pergaulan masyarakat, terang beliau.

Pada kesempatan itu, M. Ichsanudin juga menjelaskan syarat-syarat pernikahan dan kelengakapan administrasinya. Beliau mengharapkan, usai sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman dikalangan masyarakat tentang Undang-undang ini, dan yang paling penting adalah aplikasinya serta kesadaran masyarakat akan pentingnya pencatatan nikah.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 26, 2011 in P2WKSS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: