RSS

DIKLAT PENGELOLA PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN SE KALBAR TAHUN 2011

28 Jun

Empeningnews 28/06/11 Diklat tenaga perpustakaan Desa/Kelurahan Se-Kalbar  diselenggarakan di Hotel Gajah Mada,Jalan Gajah Mada Pontianak.

Keberadaan perpustakaan di Desa/Kelurahan sangat penting sebagai salah satu sarana/media yang amat efesien dan efektif untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat. Oleh karena itu setiap Desa/Kelurahan yang memiliki perpustakaan diperlukan tenaga pengelola yang berkualitas, sehingga dapat mengelola dan memfungsikan perpustakaannya dengan baik dan benar dalam upaya menjadikan informasi sebagai sarana dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.
Untuk meningkatkan kualitas pengelola perpustakaan di Desa/Kelurahan maka Badan perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Pendidikan dan Latihan pengelola perpustakaan Desa/Kelurahan selama tiga hari dari tanggal 27 sampai dengan 29 Juni  2011, dengan peserta berjumlah 75 orang perwakilan dari desa yang mendapat bantuan 1000 buku Desa Teluk Empening Kecamatan Terentang Kabupaten Kubu Raya merupakan salah satu desa yang mendapatkan bantuan ini, namun ada beberapa perwakilan yang tidak hadir. Selama mengikuti Diklat peserta diberikan materi dan praktek selama hampir dua puluh empat jam pelajaran mengenai tata cara mengelola perpustakaan yang baik dan benar.
Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Mareselinus Kutjai Apin dalam sambutannya menekankan agar perpustakaan Desa/Kelurahan dapat diberdayakan dan dikembangkan secara terus menerus agar mampu memberikan kontribusi dalam menyediakan informasi bagi semua masyarakat yang diarahkan meningkatkan kecerdasan sebagai modal dalam kegiatan pembangunan. Pernyataan Kepala Bapusip Kalbar  ini sejalan dengan isi Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, bahwa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sekaligus sebagai wahana belajar sepanjang hayat untuk membentuk manusia yang berahlak mulia, sehat berilmu, cukup kreatif dan mandiri serta sekaligus menjadi warga yang demokratis, bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional. Untuk mewujudkan ini semua diperlukan sarana penyedia informasi adalah perpustakaan dalam rangka menunjang proses belajar dan mengajar di masyarakat.
Lebih lanjut Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Barat pada akhir sambutannya berharap kepada semua peserta Diklat agar setelah mengikuti Diklat semua mampu untuk mengelola perpustakaan dengan baik dan benar sehingga terselenggaranya pelayanan perpustakaan yang baik kepada masyarakat. Hal ini juga dimaksudkan agar tercapainya keseragaman dalam pengelolaan dan pelaksanaan layanan perpustakaan Desa/Kelurahan serta adanya kerjasama yang sinergi dengan Pemerintah provinsi Kalimantan barat.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 28, 2011 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: