RSS

Kepala KUA Terentang Sampaikan Tausyiyah dalam Kegiatan BKMT Desa Teluk Empening

11 Jul
Teluk Empening (24/6).—- Badan Kontak Majlis Ta’lim ( BKMT ) desa Teluk Empening Kec. Terentang yang diketuai Ibu Subiyanti ( istri Kepala Desa Teluk Empening ) memang sudah memiliki agenda tetap dalam melaksanakan program Ta’lim bersama pada tiap bulannya. Pada hari itu ( Jum’at, 24 Juni 2011) kegiatan BKMT bertempat di Surau Ath-Tholibin dusun Kelola Jaya komplek SDN 8 Teluk Empening.
Setelah pembacaan sholawat bersama, acara dilanjutkan dengan sambutan dari pengurus Surau Ath-Tholibin. Dalam kesempatan itu sambutan disampaikan Bapak Sabirin,S.Pd salah satu pengurus Surau Ath-Tholibin esa Teluk Empening tersebut.

Dalam sambutanya, Bapak Sabirin,S.Pd mengatakan bahwa surau Ath-Tholibin usun Kelola Jaya desa Teluk Empening ini sudah memasuki usia yang ke 7 tahun. Beliau juga menjelaskan tentang awal mula pendirian surau Ath-tholibin ini yang penuh dengan perjuangan. Pendirian surau Ath-Tholibin ini adalah hasil swadaya dan swadana dari masyarakat sekitar. Al-hamdulillah, selaku pengurus kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan seperti BKMT ini, kata beliau. Demikian itu karena kami berharap, dengan berdirinya Surau Ath-Tholibin ini dapat menjadi motivasi untuk beribadah dan juga menjadi wahana menuntut ilmu bagi masyarakat, jelas beliau.

Usai sambutan tersebut, acara dilanjutkan dengan agenda inti, yaitu Tausyiah atau penyampai materi yang akan disampaikan oleh bapak M. Ichsanudin,S.HI selaku kepala KUA Kec. Terentang.

Ichsan mengawali materinya dengan mengingatkan pada jama’ah bahwa pada saat ini kita sudah berada pada bulan Rajab 1432 H, artinya tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan Rajab adalah merupakan salah satu bulan Haram yang mana didalamnya ada satu peristiwa besar yaitu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Dalam peristiwa Isra’ Mi’raj tersebut, satu hal yang paling utama adalah adanya perintah sholat bagi kaum muslimin, kata beliau. Sholat adalah ibadah besar dan mulia, hal ini terbukti bahwa Allah memanggil Nabi Muhammad SAW secara langsung untuk menghadap-Nya dan mendapat perintah Sholat tersebut. Sholat adalah kunci segala-galanya, jelas beliau. Apalagi bila kita terus berusaha khusyu’ dalam pelaksanaan sholat tersebut, lanjut beliau.

Berkaitan dengan sholat khusyu’, pada kesempatan itu Ichsanudin mengutip sebuah uraian dari da’i kondang yaitu Aa’Gym tentang beberapa hikmah sholat khusyu’. Selanjutnya Ichsan menyebutkan satu persatu tentang hikmah sholat khusyu’ tersebut.

Pertama; Orang yang khusyu’ dalam shalat akan Disiplin waktu. Allah mengingatkan kita 5 kali sehari. Tidak ada satu agama pun yang begitu intensif mengingatkan waktu selain Islam. Seorang ahli sholat yang khusyu’, bisa dilihat dari cara menyikapi waktu. Dia begitu menilai berharganya waktu sehingga tidak mau melakukan kesia-siaan.. Siapapun yang sholatnya seperti bagus tetapi begitu banyak membuang waktu percuma, maka perlu dipertanyakan lagi tentang kekhusyuan yang sebenarnya. Dengan kata lain orang yang khusyu dalam sholatnya terlihat dari pribadinya yang sangat menjaga waktu dari hal yang sia-sia dan berusaha untuk memanfaatka waktu itu sebaik-baiknya. 


Kedua; Orang yang khusyu’ dalam shalatnya akan pandai dalam Manajemen niatnya.  Ternyata rahasia sholat dari niat. Rasulullah bersabda, Innamal ‘amalu binniat, Setiap amal tergantung dari niat. Siapapun yang ingin sukses harus selalu bertanya niat apapun dibalik yang dia lakukan dan yang diucapkan. Orang-orang yang niatnya ikhlas jauh berbeda dengan orang yang berniat buruk berniat jahat atau niat yang tidak benar. Maka sholat khusyu’ akan membimbing kita dalam mengatur hati untuk senantiasa berniat yang ikhlash dalam segala ucap dan perbuatan kita. Ketiga; Orang yang khusyu’ dalam sholat akan selalu menjaga kebersihan.  Setiap sholat harus diawali dengan wudhu untuk mensucikan iri kita. Proses bersih dari awal merupakan kunci sukses sholat yang khusyu. Berarti orang yang sangat mencintai bersih lahir batin itu adalah rahasia penting kesuksesan dunia akhirat. Sholat khusyu’ ini akan membimbing dan mengajari kita untuk selalu menjaga kebersihan.


Keempat; Orang yang khusyu’ dalam sholat akan selalu tertib, sebab Rukun Sholat harus Tertib. Sholat itu dilakukan dengan tertib. Kita harus menikmati hidup yang teratur, rapi, tertib dengan baik. Yang dilakukan dengan proporsional ikhlas karena Allah semata. Diawali dengan sholat khusyu’, maka itu semua akan apat kita capai.

Kelima; Orang yang khusyu’ dalam sholat akan senantiasa tuma’ninah. Tumaninah ini artinya tenang. Ini yang sangat dahsyat dalam sebuah prestasi. Kita sering melakukan sesuatu tapi pada saat tubuh kita melakukan sesuatu pikiran kita tidak disana, hati kita tidak disana akibatnya prestasi apa yang bisa dicapai tanpa kehadiran konsentrasi. Sholat yang baik itu gerakannya disempurnakan disana hatinya hadir pikiran tertuju konsentrasi. Sebuah kombinasi amal yang sangat indah. 


Keenam; Orang yang khusyu’ dalam sholat akan siap dalam segala situasi  Berdiri, ruku, sujud. Ketika berdiri akal lebih tinggi dari hati. Bagaimana saatnya mengolah akal kita. Suatu saat sedang ruku keseimbangan antara qolbu dengan akal, begitupun ketika sujud, akal harus tunduk kepada qolbu kita. Tidak takabur si akal dengan kecerdasannya. Tawadlu dengan qolbu subhanallah. Keseimbangan antara hati, ada saatnya akal benar-benar kita peras sedemikian rupa sebagian kerja kita dan fisik kita ikut. Cobalah kita lihat bagaimana hidup ini ada saatnya diatas, di tengah, dibawah, berulang. Kita nikmati sebagai bagian episode hidup kita. Tidak usah heran sekarang mudah, besok sulit. Dengan khusyu’ dalam sholat kita, insyaallah kita akan senantiasa siap dalam kondisi apapun dalam kehidupan kita di dunia ini.


Ketujuh; Salam. Sholat ditutup dengan salam. Dengan salam kita memberikan jaminan pada orang-orang disekitar kita. Bahwa kita berharap keselamatan. Artinya seorang yang sholatnya khusyu dia akan menjaga tindak tanduknya. Seorang yang benar-benar ahli sholat yang khusyu, akhlaknya akan bebas dari kezaliman terhadap siapa pun. Sholat yang khusyu adalah sholat yang sangatproduktif dengan kebaikan. Orang yang khusyu dalam sholatnya, ibadah komunikasinya nikmat tentram ketika dalam sholat dan tentram pula dalam aktivitas sehari-hari.

Demikian M. Ichsanudin selaku Kepala KUA Terentang menyampaikan materi dalam keggiatan BKMT desa Teluk Empening Kec. Terentang. Usai materi tersebut disampaikan dilanjutkan dengan dialog interaktiv antara pemateri dengan jama’ah. Ada beberapa pertanyaan dari ibu-ibu majlis ta’lim dan langsung dijawab oleh Kepala KUA Terentang yang tentunya hal ini sedikit banyak akan memberikan pencerahan bagi ibu-ibu majlis ta’lim di desa Teluk Empening.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 11, 2011 in BERITA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: