RSS

PENINGKATAN KUALITAS PENDUDUK DESA MELALUI PROGRAM DESA PINTAR

25 Agu
Pemanfaatan akses internet perdesaan diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pendampingan pertanian, perbankan dan aktivitas UKM. Sedangkan Desa Pintar dimaksudkan untuk menghilangkan kesenjangan informasi dan pendidikan, karena dengan adanya komputer yang dilengkapi akses internet, masyarakat dapat mengakses informasi apapun termasuk dunia pendidikan dan pengetahuan lainnya.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat memang menuntut kita agar terus meng update informasi jika tidak mau ketinggalan informasi baru. Internet sebagai media yang berperan besar dalam arus informasi ini, merupakan sarana yang perlu dimanfaatkan secara optimal. Memang tidak semua yang ada di internet ttu baik, tetapi jika kita dapat menggunakannya secara arif maka kita akan dapat berkembang dan dapat dengan cepat memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk pengembangan usaha maupun menciptakan suatu hal baru yang dapat berguna bagi masyarakat luas.
Namun, di Indonesia pemanfaatan internet tersebut masih kurang optimal. Hanya daerah perkotaan saja yang telah memanfaatkannya dengan baik. Sementara di wilayah perdesaan masih jarang yang menggunakan internet. Padahal penduduk desa seringkali mempunyai potensi yang tinggi dalam inovasi. Oleh karena itu, diperlukan adanya program penyuluhan dan pemberdayaan Desa Pintar (Desa Punya Internet) mengingat pentingnya teknologi tersebut.
Terlebih lagi di era perdagangan bebas ASEAN China (AC-AFTA), yang menyebabkan barang-barang yang datang dari luar negeri tidak lagi dikenakan bea masuk. Jika penduduk desa mulai dari sekarang tidak segera ditingkatkan SDM-nya, maka kemungkinan masyarakat terpuruk akan semakin besar, mengingat semakin banyaknya para pedagang asing yang memonopoli pasaran di Indonesia. Dengan pemberdayaan Desa Pintar diharapkan masyarakat desa bisa mandiri dan berinovasi sesuai dengan kemampuan dan kreativitas masing-masing.
Setiap desa yang ada di Indonesia memang memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing dalam berbagai segi dan bidang. Mulai dari tekstur wilayah, jenis tanah, letak geografis, seni budaya, kerajinan, makanan, wisata, bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan lain-lain. Dari berbagai segi dan bidang yang berbeda tersebut, banyak yang belum dikenal oleh desa, daerah, kota dan negara lain sehingga banyak potensi desa yang belum digali secara maksimal.
Dengan adanya program Desa Pintar, diharapkan tiap desa dapat saling berbagi ilmu dan kreativitas yang mereka miliki dan juga memperkenalkan hasil desa dan potensi desa tersebut ke desa, daerah, kota dan bahkan negara yang lain. Misalnya berbagi ilmu tentang hasil karya kerajinan desa tertentu, berbagi ilmu tata cara bertani di suatu desa tertentu, berbagi ilmu tentang cara meningkatkan potensi wisata suatu desa tertentu atau bahkan saling bertukar pikiran dari suatu desa dengan desa yang lain, saling berkomunikasi secara langsung untuk mencari solusi suatu permasalahan desa tertentu agar desa-desa yang lain dapat mengambil ilmu dan manfaat dari desa yang lainnya untuk dapat meningkatkan semua potensi desa yang ada.
Program Desa Pintar tidak ubahnya seperti media pembelajaran. Setiap warga desa juga dapat melakukan transaksi jual beli terhadap segala potensi yang ada. Masih belum meratanya hak akses internet karena luasnya nusantara dan banyaknya desa-desa yang ada di Indonesia ini mengakibatkan banyak hasil dan ilmu di setiap desa yang ada di Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal dan terbagi untuk dapat meningkatkan dan memajukan desa lainnya.
Program Desa Pintar berbasis web ini dikelola oleh pemerintah setempat dan masing-masing desa dapat diberikan hak akses untuk mengelola web masing-masing desa. Informasi yang disajikan tiap desa dapat berbentuk video, gambar, teks, message, chatting, animasi, file yang bisa di-download dan di-upload dalam segala format, info, berita dan lain sebagainya. Dengan web ini pula tujuan untuk mensosialisasikan potensi dan memperkenalkan hasil potensi suatu desa dapat tercapai. Sehingga dari potensi yang ada dapat dilakukan transaksi penjualan secara online untuk meraih pangsa pasar yang luas hingga ke mancanegara.
Program Desa Pintar merupakan tindaklanjut dari program Desa Berdering yang menjadi domain Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Tahun 2010, Kemenkominfo menargetkan 5.400 desa di seluruh pelosok Indonesia sudah terkoneksi dengan internet. Sebelumnya, mulai Oktober 2009, Kemenkominfo telah melaksanakan program Desa Berdering dengan target sebanyak 78.000 desa hingga akhir tahun 2009. Pemerintah optimistis program Desa Pintar akan terwujud di seluruh desa di Indonesia, karena setiap desa telah memiliki fasilitas telepon, sehingga penyediaan akses internet di setiap desa akan lebih mudah.
Untuk program Desa Pintar tersebut, pemerintah telah mengalokasikan anggaran senilai Rp2 triliun yang pembiayaannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ke depan, setiap desa bakal memiliki “rumah pintar” yang memiliki berbagai fasilitas pendidikan, termasuk internet. Jadi, bagi setiap warga desa sekarang ini tidak perlu khawatir lagi, karena setiap desa akan menjadi surga ilmu pengetahuan dan teknologi bagi warganya.
Program Desa Pintar sekalipus dapat mencegah terjadinya urbanisasi. Melalui “rumah pintar, kemampuan SDM di desa akan semakin meningkat, hidup jadi lebih berkualitas, ilmu pengetahuan dan teknologi akan meningkat, serta kreativitas dan inovasi warga akan semakin tumbuh dan berkembang.Dalam kondisi demikian, warga akan mampu menggali dan mengelola setiap potensi ekonomi yang ada untuk mencapai tujuan bersama hidup berkecukupan -namun tanpa meninggalkan ciri khas perdesaan – dalam suasana penuh keakraban (gotong-royong). ( ST )

Entitas terkaitBusiness |Desa |Indonesia |Informasi |Informatika |Internet |Kemenkominfo |Misalnya |Padahal |Pemanfaatan |Pemerintah |Perkembangan |SDM |ST |Terlebih |Anggaran Pendapatan |ASEAN China |Belanja Negara |Desa Berdering |Desa Pintar |Desa Punya |Kementerian Komunikasi |Program Desa Pintar |Sedangkan Desa Pintar |PENINGKATAN KUALITAS PENDUDUK DESA MELALUI PROGRAM DESA PINTAR |Ringkasan Artikel Ini

Dengan adanya program Desa Pintar, diharapkan tiap desa dapat saling berbagi ilmu dan kreativitas yang mereka miliki dan juga memperkenalkan hasil desa dan potensi desa tersebut ke desa, daerah, kota dan bahkan negara yang lain. Misalnya berbagi ilmu tentang hasil karya kerajinan desa tertentu, berbagi ilmu tata cara bertani di suatu desa tertentu, berbagi ilmu tentang cara meningkatkan potensi wisata suatu desa tertentu atau bahkan saling bertukar pikiran dari suatu desa dengan desa yang lain, saling berkomunikasi secara langsung untuk mencari solusi suatu permasalahan desa tertentu agar desa-desa yang lain dapat mengambil ilmu dan manfaat dari desa yang lainnya untuk dapat meningkatkan semua potensi desa yang ada. Masih belum meratanya hak akses internet karena luasnya nusantara dan banyaknya desa-desa yang ada di Indonesia ini mengakibatkan banyak hasil dan ilmu di setiap desa yang ada di Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal dan terbagi untuk dapat meningkatkan dan memajukan desa lainnya. Pemerintah optimistis program Desa Pintar akan terwujud di seluruh desa di Indonesia, karena setiap desa telah memiliki fasilitas telepon, sehingga penyediaan akses internet di setiap desa akan lebih mudah.

http://bataviase.co.id/node/279345

Sumber : 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 25, 2011 in SERBA SERBI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: