RSS

DESA BUTUH KADER TEKNIS

07 Sep
empeningnews,7/9/11 Untuk menjawab tantangan perkembangan masyarakat, sejauh mana proses pembangunan bisa meningkatkan kapasitas masyarakat desa sehingga mencapai kemandirian dan kesejahteraan, masyarakat harus dilatih dalam hal ini adalah pelatihan peningkatan kapasitas bidang sarana prasarana.
Agar desa maju, kokoh, mandiri, berdaulat, tidak mudah terpengaruh situasi dan dampak negatif global, maka desa harus memiliki otonomi dalam merencanakan pembangunan, masyarakat desa harus menemukan strategi pembangunannya sendiri, dengan pola pembangunan desa yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat desa, pembangunan harus berbasis pada potensi desa sendiri, mampu mempertemukan kebutuhan materi dan kebutuhan non materi manusia,  sehingga masyarakat adat dan penduduk akan mendapatkan porsi cukup serta dapat ikut memanfaatkan hasil pembangunan, jangan sampai menjadi korban pembangunan itu sendiri.
Desa mempunyai hak mendapatkan kompensasi  yang proporsional atas hasil-hasil dan keuntungan dari pembangunan desa yang dibayarkan kepada pemerintah melalui pajak dan lain lain.
Pembangunan sarana dan prasarana perdesan merupakan salah satu kebutuhan masyarakat desa yang utama, namun pembangunan desa itu sendiri jangan hanya dimaknai sebagai terbangunya sarana prasarana perdesaan semata, lebih utama lagi bila bertumpu pada pembangunan manusianya,  pembangunan sarana prasarana perdesaan yang berbasis kepada keputusan rakyat, secara fungsional dapat menunjang peningkatan mutu kehidupan masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga dapat terjamin pula pelestarian dan pengembangannya.
Untuk mendukung Kemandirian dan otonomi desa, desa juga harus mampu mengambil keputusan yang tepat dibidang teknik, artinya dalam aspek teknik, desa harus dapat mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan serta melestarikan sarana prasaran desa secara mandiri dan berkualitas.
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada September 7, 2011 in BERITA, SERBA SERBI

 

One response to “DESA BUTUH KADER TEKNIS

  1. Iwan Putra

    September 11, 2011 at 6:07 am

    Membangun fundamental ekonomi kerakyatan adalah sesuatu yang baru bisa kita impi-impikan..Namun melihat tatakelola Pemerintahan Desa Teluk Empening yang seperti ini… saya merasa impian itu bisa kita dekatkan dengan kenyataan. Sebab permasalahan-permasalahan Bangsa selama ini adalah permasalahan-permasalahan Desa/Kelurahan yang terakumulatif secara Nasional. Dan permasalahan-permasalahan-permasalahan itu sebagian besar berakar dari pada masalah Kemiskinan dan Kebodohan. Kita kesulitan mengatasi masalah2 Bangsa sebab tatakelola pemerintahan Desa selama ini belum benar atau masih sangat banyak sekali kekurangan.Buru2 mengatasi masalah kemiskinan..meringankan beban kemiskinan saja kita masih gagal. Namun melihat cara2 kerja Desa Teluk Empening yang seperti ini..saya berkeyakinan kita bisa melaksanakan pembangunan fundamental bagi perekonomian kerakyatan dengan benar dan dengan efektif akan mampu mengatasi masalah2 kemiskinan secara permanen. Saran saya jadikanlah Program2 Pembangunan pada sektor2 ekonomi produktif yang berbasis kerakyatan dan Program Penanggulangan kemiskinan yang dilakukan secara terpadu sebagai skala prioritas kerja/pembangunan utama Desa Teluk Empening.Bila Desa Teluk Empening membutuhkan tenaga teknis untuk itu…InsyaAllah kami siap membantu.Salam Persatuan dan Kesatuan.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: